MOTTO PONDOK

Pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Daar el-Qolam menekankan pada pembentukan pribadi mukmin, muslim yang berbudi luhur, berbadan sehat, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas. Sifat-sifat ini adalah motto pendidikan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam.

1. Berbudi Luhur

Berbudi Luhur atau yang lazim disebut al-Akhlâqul Karimah adalah landasan yang paling prinsipil yang ditanamkan Pondok Pesantren Daar el-Qolam kepada seluruh santri dan semua elemen yang ada. Penekanan tata krama dan sopan santun dalam berbagai kondisi menjadi kewajiban, ini terefleksi dalam pola hidup dan tingkah laku yang selalu ditekankan dalam pesantren.

2. Berbadan Sehat

al-Aqlu-s-salîmu fî-l-jismi-s-saliim“–Akal yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat, tubuh yang sehat adalah sisi lain yang cukup penting dalam pendidikan di Pondok Pesantren Daar el-Qolam. Dengan tubuh yang sehat para santri akan dapat melaksanakan aktivitas hidup dan beribadah dengan sebaik-baiknya. Pemeliharaan kesehatan dilakukkan dengan melalui berbagai kegiatan olahraga, dan pemeliharaan asrama yang bersih dan nyaman.

3. Berpengetahuan Luas

Para santri di Pondok Pesantren Daar el-Qolam dididik melalui proses yang telah dirancang secara sistematik untuk dapat memperluas wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan, seluruh santri tidak hanya diajari pengetahuan dalam ruang kelas tetapi lebih dari itu juga para santri diajarkan cara belajar dan untuk apa dia belajar. Kiyai sering berpesan bahwa ilmu pengetahuan itu luas, tak bertepi dan tanpa batas tetapi tidak boleh terlepas dari al-Akhlâqu-l-Karîmah atau budi yang luhur sehingga para santri tahu untuk apa dia belajar dan tahu prinsip untuk dia menambah pengetahuan, agar ilmu pengetahuan itu tidak digunakan pada hal-hal yang akan merugikan manusia itu sendiri.

4. Berpikiran Bebas

Berpikiran bebas itu tidak berarti bebas tanpa batas. Kebebasan berpikir ini tidak boleh menghilangkan jati diri seorang muslim sejati, karenanya kebebasan berpikir itu adalah kematangan dan kedewasaan dari apa yang telah diperolehnya, Motto ini ditanamkan sesudah santri telah memiliki budi yang luhur dan sudah berpengetahuan luas.

Dikutip dari website Daar el Qolam

Terima Kasih telah berkunjung, ingin tahu lebih banyak tentang Daar el Qolam, Silakan kunjungi situs resminya di :

http://daarelqolam.ac.id/

 

Motto Pondok @GSG

Motto Pondok @GSG

Pictured by fajrydzhilly