Hari yang ku jalani di dalam kelas ku tercinta ini, sungguh membingungkan. Hanya berharap, semua dapat bersatu, semua dapat merasakan satu sama lain. Saling menghargai, sehingga timbulah keharmonisan di dalam kelas ku ini.Namun, itu hanyalah sebuah impian belaka dalam fikiran kami. Setelah satu masalah selesai, masalah yang lain pun tiba. Hingga tak bosan-bosannya kami merasa tak betah berada di kelas.

Hingga akhirnya, sepuluh bulan telah kita lalui bersama, telah kita rasakan bersama dan terjalinlah kisah kasih senang dan duka diantara anggota kelas ku ini, kelas 4 A (HYSTERIA). Tepat pada bulan maret yang lalu, terjadi rusuh yang tak jelas, akibat dari pada sebuah acara kelas yakni, KRITIKAN. Sampai suatu waktu, aku mengambil alih kelas sesaat di depan kelas.

“Iskandar, kenapa?koq diam aja di kelas? ada masalah dengan kelas?”, Tanya diriku kepadanya dengan rasa penasaran.

“Enggak! enggak kenapa-kenapa! kenapa gitu?”, tanyanya heran kepada ku.

“Terus, kenapa diam aja? apa gara-gara kritikan yang kemaren?”, Tanya ku kembali pada dirinya.

“Enggak! Lagi pula ngapain sih anak cowok ngambek gara-gara kritikan doang! enggak etis banget!”, Jawabnya dengan suntuk.

“Terus, kenapa? kasih dong, kita penjelasan yang sejelas-jelasnya. Biar kita juga enggak salah paham!”, Jawab ku dengan nada bicara ku mulai terangkat kesal.

“ya..gak papa! lagi pengen diem aja! emangnya penting yah..?”, tanyanya lagi dengan suara yang samar-samar.

“Tapi, boleh dong kita tahu masalah apa yang lagi diterima sama Iskandar sendiri?”, Tak henti-hentinya diriku bertanya kepadanya.

“Iya, ana lagi ada masalah. Tapi, bukan disini koq. Masalah yang ana punya, diluar kelas.”, Jawabnya singkat.

“oh…! punya masalah dikelas? kirain,,,,!!!”, Ucap ku dalam hati.

Sesaat setelah percakapan ku dengan Iskandar selesai, terpaksa ku lanjutkan untuk menanyakan hal yang sama pada teman ku. Ia adalah, Renaldo Chaniago. Panggil saja ia Edho.

“Dho, ente kenapa juga, jadi diam aja? ada masalah juga sama kayak Iskandar?”, Tanya ku padanya.

“Ih, gak gitu ya Cin. Ana mah, bingung aja gitu sama anak kelas! ya, terutama buat anak putrinya yah!. Ana jadi ngerasa jadi serba salah dengan semua apa yang ana lakuin di kelas ini. Yah…ana sih biasa aja. terus, kalo di ceng-cengin, biasa aja sih! namanya juga becanda. Pasti kalian tuh, gak terima kalo kalian di ceng-cengin!. kalian semua juga sih yang bikin ana jadi bingung sendiri!. Ya ,gak dar?”, Jelas Edo dengan menoleh ke arah Iskandar.

“Gak gitu juga ya Dho! sikap ente itu terkadang bikin orang sakit hati. Ente boleh ribut. Tapi, yang sewajarnya. Begini Dho, sikap orang itu kan beda-beda. Ada yang menilai ente ribut itu baik dan ada juga yang nilai kalo ente ribut itu salah. Kalau masalah tentang ceng-cengan kelas, wajar kalo ada yang gak terima, dan ada juga yang menganggap itu gak penting. Tergantung juga dari mood kita lagi gimana. Yaaa….kalo ana sih biasa aja mau dibilang “jenggot…jenggot…” ya….ana sih biasa aja. toh, liat aja sendiri kalau ana tuh gak berjenggot! ya gak??”, jelas ku kepadanya.

“Yach…..kan gak bisa juga gitu dong!” ,sahut Edho.

Ternyata, Edho masih juga belum menerima penjelasan dari ku.

“Huh,,,Edho! Dengar ya…baik-baik. Kita semua memiliki karakteristik yang berbeda-beda, ngerti?”, Jelas ku dengan perasaan yang sangat letih menghadapinya.

Namun, disaat suasana hening dan sepi sejenak aku memiliki pemikiran dan ide yang bagus bagi ku.

Semoga saja, dengan ide ku ini kelas dapat berubah dan lebih mengerti satu sama lainnya”, ucap ku dalam hati.

“Hey teman-teman! ku memiliki ide ya…menurut ku ini bagus untuk kelas. Mhmh…..begini ya, nanti kita adakan acara yaitu MOTIVATOR. Jadi, setiap orang maju ke depan kelas untuk memberi motivasi-motivasinya untuk teman-teman semua di depan kelas! gimana…setuju tidak?”, Tanya ku kepada seluruh anggota kelas.

“…….!!???!!”

“Ih….koq di tanya diem aja sih! Gimana, pada mau gak?”, Tanya ku untuk meyakinkan mereka.

“iya…….!!”

“Nah…gitu dong!. Nanti ana bikin jadwalnya. Siap yah ngejalaninnya!”, Ucap ku sekali lagi.

Tanpa di sadari oleh semua murid. Ternayata konsukuen tejalin antara aku dan mereka. Bahwa, mereka siap untuk menjalani acara yang ku adakan untuk kelas. Dan setiap orang telah memiliki tanggung jawab yang sama.

Setelah acara motivator berlangsung dan berjalan sesuai jadwal. Namun,ada pula yang belum melaksanakan tugasnya sebagai motivator sesuai dengan harinya. Hingga pada waktu yang tepat, aku berbicara kembali di depan kelas tentang arti ketidak konsekuen mereka.

“Assalamua’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh!”

“Wa’alaikum salam Warrahmatullahi Wabarakatuh!”

“Temen-temen, ana minta waktunya sebentar. Tolong dengar dulu apa yang mau ana omongin ke kalian semua. Ya, acara motivator kita usai sudah ya? betul kan? terima kasih banyak atas partisipasi kalian yang sudah bersedia buat berbicara di depan kelas, memberikan semangat, sekaligus mengigatkan teman-teman kalian. Terima kasi….h banyak ya, yang artinya kalian udah bisa konsukuen dan bertanggung jawab dengan apa yang musti kalian lakukan!. Tapi, disini juga kecewa karna sampai sekarang ada juga yang belum memberikan motivasinya untuk kita. Ya,, ana Cuma mau mengingatkan kalian disini bahwa itu semua menandakan bahwa kalian belum bisa bertanggung jawab dan belum bisa konsekuen dengan apa yang musti kalian lakukan. Terakhir, ini adalah sebuah pembelajaran untuk kalian bahwa kalian harus bisa bertanggung jawab dan harus bisa jaga konsekuensi kalian dengan yang lain. Ya udah, makasih atas perhatiannya semoga kita bisa lebih saling menghargai satu sama lain dalam waktu yang singkat ini, ya….sekitar beberapa minggu kita akan berpisah dan mungkin gak sekelas lagi. Jadi, tetap jaga keharmonisannya ya…Terakhir, Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh!”

“Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh!”

Akhirnya, acara motivasi ini berakhir dengan penuh makna. Yang mengajarkan kita untuk selalu berkonsuekensi dengan yang lain. Dan kelasku, Hysteria ku, kelas 4A menjadi kenangan yang penuh dengan warna-warni.

Created By : Cintiadi Dewi Cahyaningtyas

Terima Kasih telah berkunjung, Silakan tinggalkan komentar jika ada Kritik & Saran !!!